20 Maret 2020 21:24:55
Ditulis oleh admin

PEMICUAN STOP BABS KOMUNITAS UPTD PUSKESMAS MONTONG DESA GUWOTERUS

Pada hari Kamis, 19 Maret 2020. UPTD Puskesmas Kecamatan Motong Kabupaten Tuban, telah melakukan pemicuan stop  Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di Desa Guwoterus tepatnya dirumah bapak Sujono ketua RT 007 Dusun Krajan. Pemicuan ini, untuk mengedukasi masyarakat Desa Guwoterus Dusun Krajan, yang masih ada sebagian warga yang melakukan Buang Air Besar Sembarangan (BABS), untuk menjadi Buang Air Besar (BAB) di jamban keluarga.

Tim pemicuan UPTD Puskesmas Motong, mengedukasi warga agar menghentikan perilaku Buang Air Besar Semarangan (BABS), yang selama ini mereka lakukan. Dan menyadarkan warga untuk mengubah perilaku yang masih BABS (Buang Air Besar Sembarangan), untuk BAB pada tempatnya.

Stop buang air besar sembarangan (STOP BABS) akan memberikan manfaat dalam hal-hal sebagai berikut:

  1. Menjaga lingkungan menjadi bersih, sehat, nyaman dan tidak berbau
  2. Tidak mencemari sumber air yang dapat dijadikan sebagai air baku air minum atau air untuk kegiatan sehari-hari lainya seperti mandi, cuci, dll
  3. Tidak mengundang serangga dan binatang yang dapat menyebarluaskan bibit penyakit, sehingga dapat mencegah penyakit menular.

Setelah mendapatkan penjelasan dari tim pemicuan, warga berniat akan membangun jamban keluarga, setelah musim panen tiba. Terutama warga yang belum memiliki jamban keluarga, antusias untuk membuat jamban keluarga di rumah. Dan bila dikehendaki untuk meringankan biaya dalam pembuatan jamban, rumah warga yang berdekatan bisa patungan membuat 1 jamban untuk 2 atau 3 KK. Diharapan dengan menerapakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), masyarakat mengubah kebiasaan yang selama ini BABS (Buang air besar sembarangan) menjadi STOP BABS (Stop Buang Air Besar  Sembarangan tempat).



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus